Memanfaatkan Fungsi Heading dalam Menulis di Office Word

09.50 Unknown 3 Comments

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat ya. Amiiiiin.


Hari ini penulis akan coba share informasi tentang penggunaan fungsi heading pada microsoft office word.




Berdasarkan pengalaman penulis sebelumnya, penggunaan heading dalam penulisan (artikel, laporan, buku, hingga skripsi) sangat penting.


Tanya kenapa???


Heading memiliki fungsi untuk mempermudah kita dalam menuju kesebuah bab maupun sub bab yang sudah kita buat diatas. Selain itu heading akan mempermudah pembuatandaftar isi otomatis dan pastinya tulisan kita jadi semakin rapi.

Siapapun akan lebih senang jika membaca tulisan yang lebih terstruktur dan rapi.

Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut.

1. Buka lembar kerja word teman-teman.


2. Setelah word dibuka, maka langkah berikutnya teman-teman silahkan mulai menulis (laporan, skripsi, buku, artikel dsb). Atau buka saja laporan yang sudah teman-teman buat.

 
3. Buat judul dan sub judul menggunakan heading (Heading 1, 2, 3. dst).



Caranya posisikan cursor pada judul bear tulisan teman-teman (Misalnya BAB 1, Bab 2, atau sebagainya). Kemudian Klik heading 1. Maka akan terjadi seperti gambar dibawah.



Lakukan hal yang sama untuk bab 2, bab 3, dan seterusnya.

4. Untuk merubah format tulisan pada heading ini caranya mudah, yaitu dengan klik kanan pada format heading. Lalu pilih modify.



Maka akan mucul tampilan seperti dibawah ini.



Silahkan rubah format tulisan seperti jenis huruf, ukuran, hingga warna tulisan.

5. Tahap berikutnya adalah format untuk sub babnya.

Cara membuat sub bab format hampir sama dengan tahap sebelumnya. Namun yang digunakan adalah heading 2 dan seterusnya (Misalnya: “1.1. Latar belakang”) menggunakan heading 2 dan sub bab dari heading 2 menggunakan heading 3 (Misalnya “4.2.1. Penilaian organoleptik”).

6. Untuk mengecek hasil heading yang sudah kita buat bisa dilihat langsung pada bagian kiri lembar kerja teman-teman. Caranya klik view dan centang kotak navigation pane.



Maka dibagian kiri lembar kerja akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.





Itulah tutorial singkat tentang penggunaan heading. Penggunaan heading ini akan memudahkan kita dalam membuat daftar isi otomatis nantinya. Selain itu laporan yang dibuat akan lebih terstruktur dan rapi. InsyaAllah berikutnya penulis akan share tentang “cara membuat halaman dengan huruf romawi dan angka dalam satu lembar kerja” serta “cara membuat daftar isi otomatis”. Sekian info hari ini. Semoga bermanfaat.


Assalamualaikum.

You Might Also Like

3 komentar: